Definisi Antropologi Menurut Para Ahli

Berikut akan dijelaskan beberapa pengertian Antropologi yang dikemukakan oleh para ahli :
  1. Berdasarkan etimologinya
  2. Kata antropologi berasal dari kata yunani “Antropo” yang berarti manusia dan “logy” atau “logos” berarti ilmu yang mempelajari tentang manusia
  3. Menurut Ralfh L Beals dan Harry Hoijen : 1954: 2
  4. antropologi adalah ilmu yang mempelajarai manusia dan semua apa yang dikerjakannya.
  5. Tulian Darwin
  6. The origin of spicies” Antropologi fisik berkembang pesat dengan melakukan penelitian-penelitian terhadap asal mula dan perkembangan manusia. Manusia asalnya monyet, karena makhluk hidup mengalami evolusi.Antropologi ingin membuktikan dengan melakukan berbagai penelitian terhadap kera dan monyet di seluruh dunia.
  7. Menurut orang awam
  8. Membicarakan Antropologi hanyalah berfikir tentang fosil-fosil. Memang pemikiran yang demikian tidak selamanya salah karena mempelajari fosil merupakan suatu cabang penelitian Antropologi. Arkheologi pada dasarnya berbeda dengan Antropologi, di mana sesungguhnya arkheologi merupakan salah satu cabang Antropologi
  9. William A. Haviland
  10. Antropologi adalah studi tentang umat manusia, berusaha menyusun generalisasi yang bermanfaat tentang manusia dan perilakunya serta untuk memperoleh pengertian yang lengkap tentang keanekaragaman manusia.
  11. David Hunter
  12. Antropologi adalah ilmu yang lahir dari keingintahuan yang tidak terbatas tentang umat manusia.
  13. Koentjaraningrat
  14. Antropologi adalah ilmu yang mempelajari umat manusia pada umumnya dengan mempelajari aneka warna, bentuk fisik masyarakat serta kebudayaan yang dihasilkan.
 

© 2009 Fresh Template. Powered by Blogger.

Template by Ifzanul.