Teknik Analisis Data

Statistik Deskriptif
Statistik yang digunakan untuk menganalisis data dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul sebagaimana adanya tanpa bermaksud membuat kesimpulan yang berlaku umum atau generalisasi.
  • Digunakan jika penelitian dilakukan pada populasi (tanpa diambil sampelnya)
  • Digunakan jika peneliti ingin mendeskripsikan data sampel, dan tidak ingin membuat kesimpulan yang berlaku untuk populasi dimana sampel diambil.
Penelitian populasi : statistik deskriptif
Penelitian sampel : statistik deskriptif & inferensial.
Termasuk dalam statistik deskriptif: penyajian data melalui tabel, grafik, diagram lingkaran, pictogram, perhitungan modus, median, mean, standar deviasi, gain ternormalisasi, dan perhitungan prosentase.

Statistik Inferensial
Sering disebut juga statistik induktif atau probabilitas. Teknik statistik yang digunakan untuk menganalisis data sampel atau hasilnya diberlakukan untuk populasi. Secara operasional dapat didefinisikan sebagai statistik yang dimaksudkan untuk menguji hipotesis (H0 atau Ha)
Statistik parametrik: uji-t, uji anova satu jalur, anova dua jalur, dll
Syarat: uji normalitas, uji homogenitas variansi.
Statistik non parametrik: uji Mann Whitney, Uji Wilcoxon, dll

Analisis Data Penelitian Kualiatif
Analisis Data Model Miles dan Huberman: analisis data dilakukan pada saat pengumpulan data berlangsung, dan setelah selesai pengumpulan data pada periode tertentu.
Langkah-langkah analisis data: data reduction, data display, dan conclution drawing/ verification
Penarikan kesimpulan/ verifikasi
Kesimpulan awal yang dikemukakan masih bersifat sementara, dan akan berubah bila tidak ditemukan bukti-bukti yang kuat yang mendukung pada tahap berikutnya.
Tetapi apabila kesimpulan yang dikemukakan pada tahap awal, didukung oleh bukti-bukti yang valid dan konsisten saat peneliti kembali ke lapangan untuk mengumpulkan data, maka kesimpulan tersebut merupakan keseimpulan yang kredibel.
 

© 2009 Fresh Template. Powered by Blogger.

Template by Ifzanul.